Jumat, 25 Agustus 2017

MENGINGAT KEMBALI SEJUMLAH ISTILAH DAN UJI STATISTIK

Dalam penelitian, kita mencari data ilmiah, dengan analisis, memberikan jawaban atas pertanyaan penelitian. “Data” merupakan informasi mentah yang dapat diperoleh melalui  wawancara, kuesioner, obsevasi, atau basis data sekunder. Dengan mengolah data dengan cara tertentu, menganalisisnya, dan mengartikan hasilnya, kita menemukan jawaban yang kita cari.

Dalam kebanyakan penelitian oragnisasional, pada tingkat yang sangat minimal, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui berapa sering fenomena tertentu terjadi (frekuensi), dan mean dari kelompok data, sekaligus tingkat variabilitas dalam kelompok (yaitu, tendensi sentral dan dispersi variabel terikat serta bebas). Semua itu dikenal sebagai “statistik deskriptif” (descriptive statistics yaitu statistik yang menggambarkan fenomena yang menarik perhatian). Lebih lanjutlagi, kita mungkin ingin mengetahui bagaimana variabel terkait satu sama lain, apakah terdapat perbedaan antara dua variabel atau lebih kelompok, dan sebagainya. Hal ini disebut “Statistik Infernsial” (inferential statistics-yaitu hasil statistik yang membuat kita mampu menarik kesimpulan dari sample ke populasi. Statistik inferensial dapat dikategorikan sebagai Parametrik (parametric) dan Non-Parametrik (non-parametric).
  1. Penggunaan “Statistik Parametrik” adalah berdasarkan  asumsi bahwa populasi di mana sampel diambil berdistribusi secara normal dan data dikumpulkan pada skala interval atau rasio.
  2. “Statistik Non-Parametrik”, di sisi lain, tidak membuat asumsi eksplisit mengenai normalitas distribusi dalam populasi dan dipakai ketika data dikumpulkan pada skala nominal atau ordinal



   
Daftar Pustaka:
Sekaran, Uma. 2006.Research Methods For Business Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Gujarati, DN., 2003, Basic Econometrics, Third Edition, Mc Graw Hill, New York.
Ketik atau “COPAS” aja kodenya (Jangan Gambar) ya Sob…N’ gunakan kata2 bijak dalam berkomentar
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h:
:i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:
:r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :aa: " :ab:

1 komentar: